Mengenai Tanaman Hias Adenium



1.      

   TANAMAN HIAS ADENIUM



Adenium atau Kamboja Jepang (nama kamboja jepang sendiri sebenarnya menyesatkan karena dapat diidentikkan dengan kamboja, yang banyak ditemui di areal pemakaman. 
Cara merawat tanaman adenium :

* Bunga adenium bukan termasuk bunga yang menyukai tempat lembab sebagai tempat hidupnya.
* Adenium akan tumbuh subur dan sehat jika ditempatkan di area yang terkena sinar matahari secara langsung. Jikapun bunga adenium ini seharian terkena terik cahaya matahari dia akan tetap dapat bertahan hidup.
* Jauhkan adenium dari tempat yang lembab dan jarang terkena sinar matahari langsung. Seperti yang sudah disebutkan tadi, bunga adenium hanya akan tumbuh di tempat yang kering serta mendapat akses cahaya matahari yang cukup banyak.
* Jangan menggunakan tanah yang mudah untuk menyerap air untuk media menanam bunga adenium.
Air yang terserap maupun tergenang dalam media tanam bunga adenium akan mengakibatkan akar adenium membusuk dan mati.
* Adenium tidak dapat hidup di daerah pegunungan yang memiliki iklim ataupun cuaca yang dingin serta terpaan sinar matahari yang sering terhalang awan.

Kelompok adenium, yaitu kelompok species (jenis asli), maupun Varietas (jenis hasil perkawinan dan persilangan yang dilakukan manusia untuk mencari bentuk baru).
Beberapa species asli adenium yaitu :
1.      Adenium arabicum, cirinya bentuk bonggol pendek dan besar, dengan banyak batang yang muncul dari atas bonggol tersebut. Bunganya berwarna paduan putih dan pink, kecil (diameter petal kurang dari 5 cm).
2.      Adenium obesum, cirinya bentuk bonggol besar dan agak memanjang keatas, satu batang tumbuh di atas bonggol, di atas batang muncul percabangan. Bunga berwarna paduan merah dan putih, berbunga besar (lebih dari 5 cm).
Jenis-jenis species adenium lainnya adalah Adenium Socotranum, Adenium swazicum, Adenium somalense, Adenium bohemianum.


Previous
Next Post »